Smart, Tsundere & Romantic ~ My Kind of Woman

Review Usagi Drop

Sebuah berita buruk mendatangi seorang jomblo bujangan berusia 30 tahun, Kawachi Daikichi, ketika dikabarkan bahwa kakeknya, Souichi Kaga, meninggal dunia.

Meskipun sebenarnya Daikichi sudah lama tidak berhubungan lagi dengan kakeknya, Daikichi tetap pergi untuk menghadiri acara pemakaman kakeknya tersebut.

Setibanya di tempat tujuan, Daikichi bertemu seorang anak berambut pirang yang tidak ia kenali.

Betapa terkejutnya Daikichi ketika mengetahui bahwa anak kecil tersebut adalah anak dari kakeknya ... dengan kata lain, anak itu adalah bibinya sendiri.



Kaga Rin ... itulah nama yang ditemukan oleh ibu Daikichi di buku kesehatannya.

Anak berusia 6 tahun tersebut adalah anak dari hasil hubungan gelap kakeknya dengan kekasihnya yang identitasnya tidak diketahui oleh anggota keluarga Daikichi hingga saat kakeknya meninggal dunia.

Rin adalah anak yang pendiam yang lebih sering menyendiri dan memisahkan diri dari anggota keluarga Daikichi yang lainnya — berbanding terbalik dengan Reina, anak dari sepupu Daikichi Haruko yang lebih atraktif dan cenderung tidak bisa diatur.

Rin selalu mengikuti kemanapun Daikichi pergi dan selalu memperhatikan Daikichi. Hal itu disebabkan lantaran wajah Daikichi mirip seperti wajah kakeknya ketika masih muda.


Saat dimana seluruh anggota keluarga mengucapkan salam terakhir kepada almarhum kakek Daikichi, hanya Rin lah yang tidak mengucapkan salam perpisahan dan menjauhkan diri dari yang lain.

Daikichi berinisiatif mengajak Rin untuk mengucapkan salam perpisahan kepada kakek, yang disisi lain adalah ayah Rin.

Ketika diberikan bunga untuk ditaburkan di peti mati kakeknya, Rin menolak dan segera berlari ke halaman untuk memetik bunga kesukaan sang kakek.

Rin bertanya kepada Daikichi apakah ayahnya itu akan terbangun dari tidurnya. Daikichi pun menjelaskan bahwa kakeknya tidak akan terbangun kembali.

Rin pun menangis sesaat setelah mendengar hal tersebut.



Setelah prosesi pemakaman telah selesai, seluruh anggota keluarga Daikichi berdiskusi untuk mengasuh Rin, sayangnya tidak satupun dari sanak keluarga Daikichi yang berniat untuk mengasuhnya.

Mereka mempertanyakan keberadaan ibu kandung Rin, Masako Yoshii, sesuai dengan yang tertulis di buku kesehatan Rin. Namun tak satupun dari anggota keluarga Daikichi yang mengetahui keberadaannya.

Sadar bahwa diskusi tersebut menemui titik buntu, paman Daikichi memutuskan untuk membawa Rin ke tempat pengasuhan.


Daikichi sontak menolak keputusan pamannya tersebut..

Merasa iba dengan Rin yang sudah ditinggal oleh kedua orangtuanya, ia pun memutuskan untuk tinggal bersamanya — meskipun ia tahu betul bahwa mengurus anak bukanlah hal yang mudah.

Darisinilah kisah Usagi Drop bergulir..

Dan darisini pula lah kita dipersilakan untuk merasakan kehangatan dari hubungan sepasang "ayah dan anak" ini.

Tokoh Usagi Drop


1. Kawachi Daikichi



Daikichi Kawachi adalah bujangan berumur 30 tahun yang bertekad untuk mengurus Rin karena tak ada sanak saudaranya yang mau untuk menampung Rin.

Meskipun awalnya ia kebingungan dan menyadari bahwa dirinya sama sekali tidak punya pengalaman dalam mengurus anak, ia tetap bertekad untuk membesarkan Rin seorang diri.

2. Kaga Rin



Rin Kaga adalah anak berusia 6 tahun yang merupakan hasil hubungan gelap kakek Daikichi dengan seorang wanita bernama Masako Yoshii.

Awalnya Rin adalah anak yang pendiam, namun setelah tinggal bersama Daikichi, lambat laun Rin mulai terbuka.

Rin memiliki sifat yang dewasa dan selalu menyelesaikan masalahnya sendiri.

Hobinya bermain "ayatori" dan permainan-permainan tradisional lainnya. Ia juga sangat menyukai Onigiri yang dibumbui garam.

Penilaian


1. Kelebihan
  • Tema cerita yang "sebenarnya" sederhana, namun berhasil menghasilkan sesuatu yang begitu menyentuh
  • Pemilihan Seiyuu dari Kaga Rin, yang umurnya tidak jauh dari umur Rin di animenya, sukses besar membuat tingkat keimutan Rin bertambah hingga (8,99 x 10^9) kali lipat
    (Baca : karakter Rin jadi lebih terasa hidup)
  • Warna background yang halus sangat sesuai dengan suasana heartwarming yang menyelimuti anime ini
  • Sama seperti kelebihan diatas, BGM yang disajikan juga turut serta dalam membangun suasana heartwarming di animenya

2. Kekurangan
  • Adaptasi cerita yang tidak sampai selesai